Abstrak
Perkembangan Dunia Usaha saat ini menjadikan informasi sebagai pilar penting dalam berjalannya kegiatan operasional suatu usaha demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh pengusaha tersebut. Bagi keberlangsungan usaha, pengetahuan akan informasi suatu produk adalah hal yang sangat penting dalam pengambilan keputusan untuk pembelian produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan, secara lengkap,relevan dan akurat. Tidak memandang apakah perusahaan tersebut kecil atau besar.
Penelitian Ini bertujuan mengetahui sistem penjualan berbasis web pada perusahaan Warna AC, dan merancang sistem penjualan tunai berbasis web yang sesuai untuk perusahaan Warna AC guna memberikan sarana informasi produk bagi konsumen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah perusahaan Warna AC yang bertempat di Jalan Pemancar Selatan no. 153 Seturan Caturtunggal Jakarta. Objek dalam penelitian ini adalah sistem penjualan berbasis web. Pengembangan sistem penjualan berbasis web menggunakan metode SDLC sebagai berikut; Analisis sistem terdiri dari analisis kelemahan sistem lama,analisis kebutuhan sistem, dan analisis kelayakan system, Desain sistem penjualan berbasis web meliputi desain sistem , desain program, desain fisik,dan desain antarmuka program Implementasi sistem penjualan berbasis web.
Kata kunci : sistem penjualan, kegiatan operasional
Bab 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Perkembangan Dunia Usaha saat ini menjadikan informasi sebagai peran penting dalam berlangsunya kegiatan operasional atau jual beli suatu usaha demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh pengusaha tersebut. Bagi keberlangsungan usaha,pengetahuan akan informasi suatu produk adalah hal yang sangat penting dalam pengambilan keputusan untuk pembelian produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan, secara lengkap,relevan dan akurat serta Tidak memandang apakah perusahaan tersebut kecil atau besar. Dan tidak dapat dipungkiri lagi pada saat ini teknologi informasi telah banyak mengubah proses bisnis pada suatu organisasi atau perusahaan. Aktivitas-aktivitas bisnis yang dahulu dilakukan secara manual kini dapat dilakukan secara otomatis. Data – data yang dahulu dibuat dan disimpan dalam hardcopy kini dapat dikelola secara digital. Namun salah satu perubahan yang paling penting terjadi pada beberapa aspek dan kegiatan yang biasa dilakukan secara offline dan terbatasi oleh ruang dan waktu, kini dapat dilakukan dengan menggunakan system Online melalui media internet.
Sarana internet adalah salah satu media informasi yang efektif dan efisien dalam penyampaian informasi yang dapat pula diakses oleh setiap orang, dimana saja dan kapan saja. Media Internet sangat berpengaruh dalam dunia bisnis dan perdagangan. Selain itu teknologi internet sudah tidak asing lagi bagi beberapa pengusaha dan pelaku bisnis. Saat ini para pengusaha sudah banyak yang sudah memanfaatkan media internet sebagai sarana penginformasian produk yang dijual serta perbaikan pelayanan pelanggan, hal tersebut dilakukan semata – mata untuk meningkatkan omset penjualan mereka, mengingat dunia maya tidak mengenal batasan ruang dan waktu.
Perusahaan Warna AC adalah usaha yang bergerak dibidang penjualan berbagai macam, alat pendingin terutama AC bekas maupun baru. Produk perusahaan pada awalnya dipasarkan kepada semua instansi pemerintah maupun swasta yang ada di Jakarta. Seiring dengan perkembangan teknologi maka penjualan ke instansi-instansi tersebut mengalami penurunan dikarenakan kalah bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Oleh karena itu akan dirancang suatu system penjualan berbasis web yang mudah digunakan dan dipahami oleh pengusaha, sehingga sistem penjualan tunai pada Warna AC menjadi sebuah informasi modern yang terkomputerisasi dengan baik guna mengatasi segala permasalahan tersebut. Penggunaan penjualan tunai berbasis web tersebut diperlukan dalam jangka panjang guna meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan oleh sistem seperti kecepatan, keakuratan, dan ketepatan waktu.
1.2 Ruang Lingkup
Ruang lingkup dalam penelitian dan perancangan sistem ini, yaitu terbatas pada :
Merancang system penjualan berbasis web yang mudah di gunakan.
Memperkenal produk PT. Warna Ac tanpa harus ke toko.
Menganalisis kebetuhan yang di perlukan oleh PT. Warna Ac.
1.3 Tujuan dan Manfaat :
Tujuan dari perancangan sistem yaitu :
Menganalisis sistem penjualan pada PT. Warna Ac, untuk kemudianmengembangkannya menjadi sistem penjualan yang online melalui internet denga nharapan dapat meningkatkan penjualan.
Manfaat dari perancangan system yaitu :
Manfaat yang akan diperoleh perusahaan setelah pengimplementasian rancangan sistem ini adalah sebagai berikut:
Memberikan kemudahan kepada pembeli untuk melakukan transaksi pembelian.
Pembeli dapat melakukan transaksi setiap saat dan di mana pun juga.
Memperluas jangkauan daerah pemasaran dengan pangsa pasar.
1.4 Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah:
Wawancara,
Untuk mendapatkan informasi secara lengkap, penulis melakukan wawancara mengenai kegiatan yang berhubungan dengan proses penjualan dengan pemilik PT. Warna Ac.
Pengamatan
Penulis melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang berhubungan dengan sistem. Hasil dari pengamatan tersebut dicatat untuk mengetahui kelemahan dari proses penjualan yang sedang berjalan di perusahaan.
Studi pustaka,
yaitu dengan mengumpulkan materi, data dan informasi dari buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan masalah yang dibahas.
Penelitian Pendahuluan
Pada tahap ini, penulis melakukan penelitian mengenai topik yang dibahas melalui wawancara dan pengamatan.
Studi Pustaka
Mengumpulkan materi, data dan informasi dari buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan masalah yang dibahas, serta teori-teori yang memperkuat pemahaman terhadap permasalahan.
Perumusan Masalah
Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan, penulis menyimpulkan masalah yang akan dianalisa dalam penulisan makalah ini.
Pembatasan Masalah
Dari masalah yang dirumuskan pada tahap sebelumnya, penulis memberikan batasan materi-materi yang akan dianalisa.
Analisis Data
Pada tahap ini, penulis menganalisis data-data yang diterima dari hasil studi pustaka.
Kesimpulan dan Saran
Merumuskan kesimpulan dan saran yang diambil dari keseluruhan proses penelitian yang telah dilakukan untuk menjawab topik permasalahan yang diangkat.
Bab 2
Landasan Teori
2.1 Analisis Sistem
Analisis sistem adalah teknik pemecahan masalah yang diuraikan suatu sistem menjadi bagian-bagian komponen yang bertujuan untuk mengetahui seberapa baik bagian-bagian tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujuannya (Whitten dan Bentley, 2007:160).
2.2 Integrasi Sistem
Integrasi sistem merupakan proses membangun suatu kesatuan sistem informasi dari komponen-komponen perangkat lunak, perangkat keras dan jaringan yang berbeda (Whitten dan Bentley, 2007:26).
2.3 Database
Database merupakan sekumpulan data yang saling terhubung secara logis dan deskripsi dari data yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu organisasi (Connolly dan Begg, 2010:65).
2.4 Database Management System
Database Management System merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan, membuat dan mengatur akses ke database (Connolly dan Begg, 2010:66).
2.5 PHP
PHP (PHP Hypertext Preprocessor) merupakan suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun website dinamis (Saputra, 2011:1).
2.6 Sistem Informasi Penjualan
Sistem Informasi PenjualanSistem adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya, yang berfungsi ersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu [Mulyadi, 2001]. Sistem juga adalahkumpulan dari komponen-komponen peralatan model requirements, function dan interface. Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi denganmaksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan dan merupakan sekumpulan komponen yangsaling bekerjasama untuk mencapai tujuan guna memperbaiki organisasi ke arah yang lebih baik.Informasi adalah salah satu jenis sumberdaya yang tersedia bagimanajer, yang dapat dikelola seperti halnya sumberdaya yang lain. Informasi dari komputer dapat digunakan oleh para manajer, non manajer, serta orang-orang dan organisasi-organisasidalam lingkungan perusahaan .Sistem Informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukankebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporanyang dibutuhkan
Kegiatan penjualan terdiri dari transaksi barang atau jasa baik secara kredit atau jasa untuk mendapatkan sumberdaya lainnya seperti kas atau janjiuntuk membayar (piutang).Penjualan adalah suatu aktivitas perusahaan yang utama dalam memperoleh pendapatan, baik untuk perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Penjualan merupakansasaran akhir dari kegiatan pemasaran, karena pada bagian ini ada penetapan harga, diadakan perundingan dan perjanjian serah terima barang, maupun perjanjian cara pembayaran yangdisepakati oleh kedua belah pihak, sehingga tercapai suatu titik kepuasan [Mulyadi, 2001].Sistem Penjualan adalah sistem yang melibatkan sumberdaya dalam suatuorganisasi, prosedur, data, serta sarana pendukung untuk mengoperasikan sistem penjualan,sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan.Sistem Informasi Penjualan diartikan sebagai suatu pembuatan pernyataan penjualan, kegiatan akan dijelaskan melalui prosedur-prosedur yang meliputi urutan kegiatansejak diterimanya pesanan dari pembeli, pengecekan barang ada atau tidak ada dan diteruskandengan pengiriman barang yang disertai dengan pembuatan faktur dan mengadakan pencatatan atas penjualan yang berlaku.
2.7 Internet
Internet adalah sebuah jaringan besar yang terdiri dari berbagai jaringan yangmeliputi jaringan bersifat bisnis, pendidikan dan riset serta menghubungkan jutaan komputer di dalam jaringan-jaringan menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk bertukar informasi, image, dan data lain. Dokumen diformat dalam HTML (Hypertext MarkupLanguage) yang digunakan untuk menciptakan halaman dan dokumen yang disajikan pada Web URLmerupakan singkatan dariUniform Resources Locator adalah cara standar yang digunakan untuk menentukan situs atauhalaman pada internet. URL merupakan cara standar untuk menampilkan informasi tentang jenis isi dan lokasi file : nama file, lokasi komputer di internet, letak file di dalam komputer,dan protokol internet yang digunakan untuk mengakses file itu.
2.8 Interaksi Manusia dan Komputer
IMK (Interaksi Manusia Komputer) adalah suatu studi mengenai bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer dan sampai sejauh mana komputer dikembangkan untuk interaksi yang berhasil dengan manusia. Satu faktor penting dari IMK adalah user-user yang berbeda akan membentuk konsepsi-konsepsi atau model-model mental yang berbedamengenai cara mereka berinteraksi, belajar dan menyimpan pengetahuan dan keahlian (modelkognitif yang berbeda untuk orang dengan “left-brained” dan “right-brained”). Pada akhirnya, preferensi user akan berubah setelah mereka secara gradual menguasai interface-interface baru.
2.9 Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskanstrategi perusahaan. SWOT terdiri dari strength, weakness, opportunity dan threats yangdianalisa oleh perusahaan tersebut untuk menentukan langkah-langkah strategis untuk perusahaan tersebut.
Berikut ini penjelasan Analisis SWOT .
Strength
Strength Kekuatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan dibandingkan dengan para pesaing.Misalnya kekuatan pemasaran dan penjualan.
Weakness
WeaknessKelemahan yang biasanya berbentuk masalah-masalah yang dihadapi oleh suatu perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya.
Oppurtinity
Opportunity Peluang merupakan suatu bidang kebutuhan pembeli di mana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan. Peluang dapat digolongkan menurut daya tariknyadan kemungkinan berhasilnya.
Threats
Threats Ancaman merupakan tantangan akibat kecenderungan atau perkembangan yangkurang menguntungkan yang akan mengurangi penjualan dan laba jika tidak dilakukan tindakan defensive (pertahanan).
Bab 3
Pembahasan
3.1 Analisa Sistem
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini serta untuk meningkatkan efesiensi kerja dan waktu, maka masih banyak sistem yang ada saat ini yang masih manual, yang harus diganti dengan sistem yang lebih baik lagi, yaitu dengan membangun sistem yang terkomputerisasi atau Online. Untuk memulai membangun suatu Program mengenai Perancangan web , maka penulis terlebih dahulu merencanakan alur kerja berdasarkan kebutuhan dari user yang akan menggunakan aplikasi basis data ini. Perancangan ini diperbuat atas dasar kebutuhan pemilik usaha PT. Warna Ac yang menginginkan cara penjualan secara online, sehingga dapat meningkatkan penjualan, Berdasarkan pengamatan penulis mengenai analisis sistem yang dirancang untuk penjualan online ini adalah masih ditemui kendala diantaranya yaitu, masih terdapat informasi berita tentang penjualan yang dilakukan secara manual, yakni dari mulut kemulut dan dari brosur-brosur yang di tempelkan pada papan, tingkat akurasi yang rendah, dan data yang tidak dapat cepat di update. Mengetahui kendala yang ada, maka penulis mencoba merancang sebuah web penjualan berbasis web untuk mempermudah masyarakat berbelanja di PT Warna Ac.
3.2 Analisis Sistem Penjualan Berbasis Web PT. Warna AC
3.2.1 Analisis Kelemahan Sistem Lama
Proses pencatatan dan perhitungan transaksi pelanggan yang dilakukan secara manual, sehingga waktu untuk melakukan tersebut menjadi lama. Pencatatan transaksi ditulis pada media kertas, sehingga membutuhkan banyak kertas untuk setiap hari transksinya. Jadi biaya untuk melakukan pencatatan transaksi menjadi lebih besar. Kurang lengkapnya dokumen dan catatan akuntansi maupun sistem otorisasi menyebabkan ketidak sesuaian informasi penjualan yang dihasilkan pada system yang berjalan saat ini.
3.2.2 Analisis Kebutuhan Sistem
Sistem yang akan dirancang harus dapat melakukan input dan edit data pelanggan, dan data barang dagang. Sistem harus dapat melakukan penyimpanan data transaksi. Sistem harus dapat menampilkan laporan transaksi penjualan kepada pemilik perusahaan.
3.2.3 Analisis Kelayakan sistem Baru
Kelayakan sistem dilakukan dengan melakukan analisis ekonomi yang meliputi analisis PP (Payback Period), dalam perhitungan analisis PP didapatkan hasil 0,90 artinya nilai investasi akan kembali dalam waktu 10 bulan 29 hari. Waktu pengembalian tersebut kurang dari 3 tahun, sehingga perancangan ini layak untuk dijalankan.Berdasarkan hasil analisis dengan metode ROI (Return On Investment) didapatkan hasil sebesar 134,59 %. Hasil ini lebih besar dari 0 (nol) sehingga proyek ini layak untuk dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis dengan metode NPV (Net Present Value) dengan tingkat suku bunga sebesar 6,75% didapatkan nilai sebesar Rp.2.936.850. Hasil tersebut bernilai positif sehingga proyek ini layak untuk dijalankan.
3.3 Perancangan Halaman Web
Halaman website merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah website yang baik dan benar. Halaman website berfungsi sebagai user interface antara user dan admnistrator. Adapun halaman website yang terdapat di dalam perancangan Perancangan web penjualan pada PT. Warna Ac.
Desain Sistem Penjualan Berbasis Webpada Perusahaan Warna AC
Dalam pemodelan proses meliputi beberapa proses yaitu input data produk, input data pelanggan, tampilkan laporan data pelanggan, tampilkan laporan data produk, tampilkan data order.
3.4 Kendala Implementasi Pada Sistem
Kendala yang dihadapi dalam proses konversi, yaitu pada awal-awal dilakukan konversi sistem pengguna sistem masih bingung tentang prosedurprosedur input data serta jumlah karyawan yang kurang.
Bab 4
Simpulan
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan Warna AC mengenai sistem penjualan tunai berbasis web dapat diambil kesimpulan bahwa Sistem penjualan yang diterapkan pada perusahaan Warna AC masih bersifat manual dan masih sangat sederhana terutama dalam memberikan informasi untuk pengendalian intern perusahaan.
4.2 Saran
Beberapa saran yang dapat diungkapkan untuk meningkatkan penelitian di masa yang akan datang, antara lain :
Pengembangan sistem penjualan berbasis web perlu dilakukan seiring dengan kemajuan zaman untuk menyesuaikan dengan teknologi yang akan terus berkembang. Dalam periode tertentu perusahaan perlu melakukan update perangkat komputer dan software yang digunakan.
Daftar Pustaka
Mulyadi, (2001). Sistem Akuntansi. Jakarta:Salemba Empat
Connolly, T. & Begg, C. (2010). Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation and Management. (Edisi Kelima). Massachusetts: Addison-Wesley.
Whitten, J. & Bentley, L. (2007). Systems Analysis and Design Methods. New York: McGraw-Hill.
No comments:
Post a Comment